Senin, 08 Februari 2010

Mengolah Cokelat

Cokelat sangat disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai bahan yang satu ini. Apalagi menjelang hari Valentine seperti sekarang ini, berbagai bentuk kreasi cokelat yang istimewa dibuat orang untuk diberikan kepada seseorang yang dikasihinya.

Tidak terlalu sulit dalam mengolah cokelat, tetapi memang perlu ketelitian. Ada beberapa tips dalam mengolah cokelat yang perlu diperhatikan :
Dalam mengolah cokelat, satu hal yang harus diperhatikan adalah cooking chocolate (cokelat masak) jangan terlalu banyak dipegang karena akan meleleh kena panas tangan.

Mencincang :
Letakkan potongan cokelat di atas talenan, potong-potong menjadi lebih kecil. Pada saat mencincang, pegang punggung pisau dengan tangan.

Menyerut :
Sebelum diserut, simpan cokelat dan peralatan yang diperlukan dalam lemari es sampai dingin, hal ini dilakukan agar cokelat tidak lengket pada saat diparut atau ditakar. Agar tidak meleleh kena panas tangan, lapisi cokelat dengan kertas dan gunakan sendok untuk mengambil cokelat parut.

Melelehkan :
Lelehkan cokelat dengan ditim. Potong cokelat kecil-kecil agar lebih cepat meleleh dan rata. Letakkan cokelat dalam wadah, lalu taruh wadah dalam panci berisi air yang dipanaskan.
Jaga air agar tidak terlalu panas, agar rasa cokelat tidak pahit, warnanya tetap mengkilat, dan aromanya harum.
Cokelat harus tetap terasa hangat di tangan. Biarkan cokelat meleleh tanpa diaduk-aduk. Aduk hanya setelah cokelat meleleh, gunakan spatula kecil dari stainless steel. 
Dinginkan cokelat pada suhu ruang, jangan dalam lemari es agar tetap mengkilat. Hati-hati, cokelat leleh jangan sampai tertetesi air/ uap air ( kecuali jika diisyaratkan dalam resep ), karena cokelat akan menjadi keras dan pudar warnanya.

Tips tambahan :
  • Jika cokelat menggumpal, tambahkan 1-2 sdt mentega putih atau minyak goreng, aduk sampai cokelat mulus lagi.
  • Suhu bahan lain yang akan dicampurkan harus sama dengan cokelat leleh, supaya cokelat tidak rusak atau menggumpal.
  • Cokelat bubuk untuk minuman tidak bisa menggantikan cokelat bubuk untuk kue, karena cokelat minuman lebih lembut dan lebih manis.
 Selamat mencoba & Happy Valentine's Day...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pengikut

About