Jumat, 15 Juni 2012

Tips Memilih dan Menyimpan Pasta

Ada beberapa tips dalam memilih dan menyimpan produk pasta agar dapat digunakan  dengan baik.


I. Memilih Pasta

Di Italia, pasta dijual dalam bentuk kering maupun segar. Tetapi di sini hanya ada pasta kering dalam kemasan khusus, dengan 2 macam ukuran berat per pack :
  • Berat 240g, biasanya untuk disajikan sebagai hidangan pembuka bagi 4-6 orang
  • Berat 500g, cukup untuk dijadikan hidangan utama bagi 4-6 orang.
Secara umum dalam membeli produk pasta ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya :

  • Bentuk, karena bentuk merupakan salah satu daya tarik pasta. Pilihlah produk pasta yang masih utuh, tidak patah, kompak, dan kemasannya utuh.
  • Warna, pasta yang baik warnanya bersih kekuningan.
  • Komposisi (lihat pada kemasannya), pasta yang baik terbuat dari tepung gandum durum. Tepung jenis ini banyak glutennya, sehingga tidak hancur jika direbus dan mudah dibentuk.
Selain itu, pilihlah pasta yang bertuliskan "enriched" pada kemasannya. Itu artinya pasta tersebut diperkaya dengan zat gizi (vitamin dan mineral) tertentu, misalnya vitamin B dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tentunya.

Memilih Pasta menurut kegunaan : 
( cek Kamus Dapur Bunda untuk melihat contoh jenis-jenis pasta di bawah ini )

  • Pasta untuk Sup, misalnya Vermicelli, Pennette, Stelline, Risoni, Conchigliette, Anellini
  • Pasta untuk dimasak 2 kali, misalnya Tagliatelle, Trenette, Spaghetti, Macaroni, Rigatoni, Penne, Conchiglie, Pappardelle, Farfalle, Eliche 

  • Pasta untuk Schotel (panggang), misalnya Lasagna, Tortiglioni, Bucatini, Conchiglie, Cravattine
  •  Pasta Isi, misalnya Cannelloni, Ravioli, Tortellini, Tortelloni, Agnolotti, Cappelletti, Lumache, dan Manicott.


II. Menyimpan Pasta

  • Pasta kering, disimpan di tempat kering dalam wadah tertutup rapat (vakum) untuk menghindari penyerapan air dan debu. Pasta tersebut akan tahan selama 6-12 bulan dan tidak dimakan kutu.
  • Pasta masak, harus diberi minyak goreng dan disimpan di lemari es dalam wadah tertutup. Jika akan dihidangkan, celup pasta dalam air mendidih (2 menit) sampai panas, tiriskan.

NB:
Dan bagi yang ingin menikmati Aneka Menu Pasta dan Schotel yang sehat, terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, dibuat dengan racikan bahan-bahan asli (tanpa bumbu-bumbu instan, MSG, kaldu, dll) ... langsung saja ke Toko-Pasta.Com. Delivery Bandung - Jabodetabek.

4 komentar:

anjar mengatakan...

Pasta yang sudah di masak/setengah matang, akan tahan berapa lama dalam lemari es ?
Terima kasih.

Kang Doli Katering mengatakan...

Halo bun nebeng promosi yaaa... pesan paket catering untuk Lebaran/Idul Fitri!! Menu variatif, harga terjangkau.. Makanan diantar H-1 Idul Fitri, jadi hari-H tinggal menghangatkan. Praktis!! NB: Bandung&Cimahi only
cek di http://kangdoli.blogspot.com.au/2011/07/paket-catering-lebaran-idul-fitri.html OK!

Anonim mengatakan...

Halo!

Apa kabar? Salam kenal dari kami www.mytasteindonesia.com, Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda.

Kami ingin memasukkan blog Anda pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

Salam,
Immanuel Kabuhung
MyTasteIndonesia

Neti Recipes mengatakan...

wah suka sekali dengan pasta , saya tertarik membaca dengan cara memilih dan menyimpan pasta nya, bermaanfat sekali buat saya. Terima kasih bunda

Posting Komentar

Author

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pengikut

About